JADWAL PENCAIRAN BLT DANA DESA FASE II DAN II TAHUN 2020, HARI RABU TGL 11 NOVEMBER 2020 JAM 14.00 WIB , LOKASI KANTOR WALI NAGARI PADANG LIMAU SUNDAI. SELAMAT DATANG DI WEBSITE NAGARI PADANG LIMAU SUNDAI Apabila Merasakan Gejala Batuk,Demam,Sesak napas dan atau Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Biadar Alam HP 082384189395 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 ) SOLOK SELATAN TANGGAP COVID19

Artikel

TUGAS DAN FUNGSI PEMERINTAHAN NAGARI

20 Juli 2020 14:58:48  Administrator  1.556 Kali Dibaca 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI PEMERINTAH NAGARI

 WALI NAGARI

  1. Menyelenggarakan pemerintahan Nagari berdasarkan kebijakan yang ditetapkan bersama BAMUS
  2. Mengajukan rancangan peraturan Nagari
  3. Menetapkan peraturan-peraturan yang telah mendapatkan persetujuan bersama BAMUS
  4. Menyusun dan mengajukan rancangan peraturan Nagari mengnenai APB Nagari untuk dibahas dan ditetapkan bersama BAMUS
  5. Membina kehidupan masyarakat Nagari
  6. Membina ekonomi Nagari
  7. Mengordinasikan pembangunan Nagari secara partisipatif
  8. Mewakili Nagarinya di dalam dan luar pengadilan dan dapat menunjuk kuasa hukum untuk mewakilinya sesuai dengan paeraturan perundang-undangan; dan
  9. Melaksanakan wewenang lain sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

 

SEKRETARIS NAGARI

  1. Tugas Pokok : Membantu Wali Nagari dalam mempersiapkan dan melaksanakan pengelolaan administrasi Nagari, mempersiapkan bahan penyusunan laporan penyelenggaraan Pemerintah Nagari.
  2. Fungsi :
    • Melaksanakan urusan ketatausahaan seperti tata naskah, administrasi surat menyurat, arsip, dan ekspedisi.
    • Melaksanakan urusan umum seperti penataan administrasi perangkat desa, penyediaan prasarana perangkat desa dan kantor, penyiapan rapat, Pengadministrasian aset, inventarisasi, perjalanan dinas, dan pelayanan umum.
    • Melaksanakan urusan keuangan seperti pengurusan administrasi keuangan, administrasi sumber-sumber pendapatan dan pengeluaran, verifikasi administrasi keuangan, dan admnistrasi penghasilan Wali Nagari, Perangkat NAgaria, BAMUS, dan lembaga pemerintahan Nagari lainnya.
    • Melaksanakan urusan perencanaan seperti menyusun rencana anggaran pendapatan dan belanja desa, menginventarisir data-data dalam rangka pembangunan, melakukan monitoring dan evaluasi program, serta penyusunan laporan.

 

KEPALA URUSAN (KAUR) UMUM DAN PERENCANAAN

  1. Tugas Pokok : Membantu Sekretaris Nagari dalam melaksanakan administrasi umum, tata usaha dan kearsipan, pengelolaan inventaris kekayaan Nagari, serta mempersiapkan bahan rapat dan laporan.
  2. Fungsi :
  3. Tata Naskah
  4. Administrasi Surat Menyurat
  5. Arsip
  6. Ekspedisi
  7. Penataan Administrasi Perangkat Nagari
  8. Penyediaan Prasarana Perangkat Dan Kantor
  9. Penyiapan Rapat
  10. Pengadmistrasian Aset
  11. Inventarisasi
  12. Perjalanan Dinas
  13. Pelayanan Umum
  14. Menyusun Apb Nagari
  15. Inventarisir Data-Data Pembangunan
  16. Monitoring Dan Evaluasi Program
  17. Penyusunan Laporan

 

KAUR KEUANGAN

  1. Tugas Pokok : Membantu Sekretaris Nagari dalam melaksanakan pengelolaan sumber pendapatan Nagari, pengelolaan administrasi keuangan Nagari dan mempersiapkan bahan penyusunan APB Nagari.
  2. Fungsi :
  • Administrasi Keuangan
  • Administrasi Sumber Pendapatan Dan Pengeluaran
  • Verifikasi Administrasi Keuangan
  • Administrasi Penghasilan Wali Nagari, Perangkat Nagari, Bamus Dan Lembaga Pemerintahan Nagari Lainnya

 

KAUR PEMERINTAHAN

  1. Tugas Pokok : Membantu Wali Nagari dalam melaksanakan pengelolaan administrasi kependudukan, administrasi pertanahan, pembinaan, ketentraman dan ketertiban masyarakat Nagari, mempersiapkan bahan perumusan kebijakan penataan, Kebijakan dalam Penyusunan produk hukum Nagari.
  2. Fungsi :
  • Tatapraja Pemerintahan
  • Menyusun Rencana Regulasi Nagari
  • Pembinaan Masalah Pertanahan
  • Pembinaan Masalah Ketentraman Dan Ketertiban
  • Upaya Perlindungan Masyarakat
  • Kependudukan
  • Penataan Dan Pengelolaan Wilayah
  • Pendataan Dan Pengelolaan Profil Nagari
  • Melaksanakan Pembangunan Sarana Dan Prasarana Nagari
  • Pembangunan Di Bidang Pendidikan, Kesehatan
  • Sosialisasi Serta Motivasi Masyarakat Di Bidang Budaya, Ekonomi, Politik, Limgkungan Hidup, Pemberdayaan Keluarga, Pemuda, Olahraga Dan Karang Taruna
  • Melaksanakan Penyuluhan Dan Motivasi Terhadap Hak Dan Kewajiban Masyarakat
  • Pelestarian Nilai Sosial Budaya Masyarakat, Keagamaan, Dan Ketenaga Kerjaan.

 

Administrasi Pemerintahan Nagari :

  1. Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  2. Pembuatan Kartu Keluarga (KK)
  3. Pembuatan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi warga Nagari yang berkehidupan ekonomi kurang mampu agar mendapatkan penangguhan-penangguhan. Misalkan penangguhan atau pengurangan beban biaya di rumah sakit. Pembuatan surat ini tidak memerlukan biaya, digratiskan bagi warga Nagari yang memerlukan. Dalam perkembangannya SKTM ini berubah menjadi Kartu Multiguna, Kartu ini dapat digunakan oleh satu keluarga yang diwakili oleh Wali keluarga sebagai pemegang kartu
  4. Surat Keterangan Lalu Lintas
  5. Surat Keterangan NTCR
  6. Surat Pengantar Pernikahan
  7. Surat Keterangan Naik Haji
  8. Surat Keterangan Domisili
  9. Surat Keterangan Pengantar Kepolisian
  10. Surat Keterangan Pindah
  11. Surat Keterangan Lahir/Mati
  12. Surat Keterangan Ke Bank dll.
  13. Surat Keterangan Pengiriman Wesel
  14. Surat Keterangan Jual Beli Hewan
  15. Surat Keterangan Izin Keramaian
  16. Pengenaan Pungutan atas Transaksi Jual beli Hasil Bumi dikenakan dari harga transaksi jual beli dan dikenakan kepada pembeli atau penjual
  17. Pengenaan pungutan atas transaksi jual beli tanah rumah dikenakan dari harga transakasi jual beli dan dikenakan kepada pembeli atau penjual
  18. Surat Keterangan Tebang Kayu/Bambu
  19. Tarip pengenaan pungutan pengusaha angkutan sewa sarana dan BUMdes; dan
  20. Perusahaan PT/CV atau pemborong dan sejenisnya dari jumlah anggaran.

 

WALI JORONG JORONG (KAJOR)

Tugas :

  1. Membantu pelaksanaan tugas Wali Nagari dalam wilayah kerjanya
  2. Melakukan pembinaan dalam rangka meningkatkan swadaya dan gotong royong masyarakat
  3. Melakukan kegiatan penerangan tentang program pemerintah kepada masyarakat
  4. Membantu Wali Nagari dalam pembinaan dan mengkoordinasikan kegiatan diwilayah kerjanya
  5. Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Wali Nagari.

Fungsi :

  1. Melakukan koordinasi terhadap jalannya pemerintah Nagari, pelaksanaan pembangunan dan pembinaan masyarakat diwilayah dusun
  2. Melakukan tugas dibidang pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan yang menjadi tanggung jawabnya
  3. Melakukan usaha dalam rangka meningkatkan partisipasi dan swadaya gotong royong masyarakat dan melakukan pembinaan perekonomian
  4. Melakukan kegiatan dalam rangka pembinaan dan pemeliharaan ketrentaman dan ketertiban masyarakat
  5. Melakukan fungsi-fungsi lain yang dilimpahkan oleh Wali Nagari.

 

 

BAMUS NAGARI (BADAN MUSYAWARAH NAGARI) 


BAMUS mempunyai fungsi menetapkan peraturan Nagari bersama Wali Nagari, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.

 

 

Tugas :

  1. Membahas rancangan peraturan Nagari bersama Wali Nagari
  2. Melaksanakan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan Nagari dan peraturan Wali Nagari
  3. Mengusulkan, pengangkatan dan pemberhentian Wali Nagari
  4. Membentuk panitia pemilihan Wali Nagari
  5. Menggali, menampung, menghimpun, merumuskan dan menyalurkan aspirasi masyarakat
  6. Menyusun tata tertib BAMUS.

 

Hak :

  1. Meminta keterangan kepada pemerintah Nagari
  2. Menyatakan pendapat Kewajiban
  3. Mengamalkan pancasila, melaksanakan UUD 1945 dan mentaati segala peraturan perundang-undangan
  4. Melaksanakan kehidupan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Nagari
  5. Mempertahankan dan memelihara hukum nasional sera keutuhan NKRI
  6. Menyerap, menampung, menghimpun dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat
  7. Memproses pemilihan Wali Nagari
  8. Mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi, kelompok dan golongan
  9. Menghormati nilai-nilai sosial budaya dan adat istiadat masyarakat setempat
  10. Menjaga norma dan etika dalam hubungan kerja dengan lembaga kemasyarakatan.
Handri saputra
26 Mei 2021 10:45:54
Izin cofy

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Wilayah Nagari

Aparatur Nagari

Back Next

Info Media Sosial

Komentar Terbaru

Sinergi Program

Data Terpadu Kementrian Sosial KEMENTRIAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA REPUBLIK INDONESIA
portal kemnterian desa pdtt PPID KABUPATEN SOLOK SELATAN
Katalog Bumnag DITJEN BINA PEMDES KEMENDAGRI
LEMBAGA OSS BADAN KOORDINANSI PENANAMAN MODALA Media Online: Merita Minang Toko Online Bumnag Sundai Mandiri Sejahtera

Statistik Penduduk

Agenda

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jalan Raya Nagari Padang Limau Sundai, Sangir Jujuan, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat 27777
Nagari : Padang Limau Sundai
Kecamatan : Sangir Jujuan
Kabupaten : SOLOK SELATAN
Kodepos : 27777
Telepon : 085239123823
Email : padanglimausundai2007@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:116
    Kemarin:416
    Total Pengunjung:66.850
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.215.79.116
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

20 Maret 2021 | 5.548 Kali
Aplikasi SDGs Desa : Download, Login, dan Penggunaanya
30 November 2019 | 1.657 Kali
Sejarah Nagari
29 Juli 2013 | 1.633 Kali
Badan Permusyawaratan Nagari
29 Juli 2013 | 1.632 Kali
Kontak Kami
29 Juli 2013 | 1.612 Kali
Profil Desa
30 November 2019 | 1.610 Kali
Visi dan Misi
30 April 2014 | 1.608 Kali
PROFIL POTENSI EKOWISATA NAgari Padang Limau Sundai